Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 27 Januari 2012

Mengebiri Kucing Betina dan Kucing Jantan?

Salah trik untuk membuat kucing menjadi binatang peliharaan yang baik adalah dengan cara mengebirinya. Apakah memang sebaiknya kucing kita kebiri saja supaya menjadi lebih penurut. Baca artikel kucing berikut ini :
Baik kucing jantan maupun kucing betina bisa dikebiri. Pada umumnya untuk kucing betina direkomendasikan dikebiri pada usia 24 sampai 30 minggu. Ini dilakukan sebelum kucing betina tersebut mencapai masa subur untuk pertama kalinya. Seperti kita tahu, masa subur pertama kucing betina terjadi pada usianya yang keenam bulan.
Tetapi tentu saja tidak semua jenis kucing masa suburnya enam bulan. Cotohlah jenis kucing Siam yang masa suburnya di usia 4,5 bulan. Bahkan ada juga jenis yang sampai sembilan bulan lamanya.
Sedangkan untuk kucing jantan, kapan waktu untuk mengebiri nya? Apakah sama dengan kucing betina?
Sebenarnya pada usia enam belas (16)  minggu, kucing jantan sudah dapat kita kebiri. Namun ada beberapa ahli katakanlah dokter hewan yang mengebirinya setelah berumur sekitar enam bulan. Hal ini di pertimbangkan supaya kucing jantan dapat mengembangkan saluran kencingnya.
Berbeda dengan kucing betina, saluran kencing kucing jantan bermula dari kandung kencing kemudian ke penisnya. Maka daripada itu sebaiknya kita menunggu sampai enam bulan untuk mengurangi kemungkinan penyumbatan.
Penyumbatan ini disebabkan kondisi yang bernama FUS (feline urological syndrome). Harap bedakan denga FUS penyakit flu kucing.
Selain itu, Kucing jantan juga punya waktu maksimal dia dapat kita kebiri. Yaitu pada usia sembilan bulan.
Nah! bagaimana apakah akan mengebiri kucing anda? Banyak pertanyaan yang mungkin masuk dalam pikiran anda. Bukankan mengebiri akan membuat binatang pliharaan terluka. Mungkin saja? tapi musim kawin pada kucing datang dalam waktu terbatas, berbeda dengan manusia yang dapat melakukannya sewaktu-waktu :D .
Dan ingat ada banyak ribuan ekor kucing yang terbuang dan membutuhkan rumah. Apa anda mau menambahkan populasi kucing yang terbuang itu? YAP! ini hanya pendapat saya..keputusan tetap berada di tangan anda. Saya sendiri sih sepertinya tidak akan mengebiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar